Makanan Sehat Bayi Usia 8 Bulan Keatas

Bayi usia 8 bulan keatas pada umumnya telah menunjukan perkembangan motorik si anak, untuk itu pada saat bayi usia 8 bulan sebaiknya memberi makan dengan tekstur makanan yang lembut. Karena pada tahan ini gigi si bayi dalam proses pertumbuhan, untuk itu seorang ibu harus memperhatikan jenis makanan yg di konsumsi bayi nya agar terhindar dari kerusakan gigi.
Bayi Usia 8 Bulan Keatas

Memberikan makanan sehat bagi bayi usia 8 bulan keatas sangatlah penting karena, untuk memenuhi asupan protein dan gizi si bayi, dan untuk menjamin pertumbuhan bayi yang baik dan perkembangan motoriknya, ketika bayi sangat kecil dia hanya menkonsumsi asi ataupun susu formula. Untuk itu pada bayi yang menginjak usia 6-8 bulan, si bayi di harus di berikan asupan gizi tambahan seperti memperkenalkan makanan padat berserat diantaranya, bubur tim, sup jagung, bubur sayur, jus buah.

Menurut para pakar ahli gizi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Academy of Pediatrics (AAF) usia terbaik untuk memperkenalkan makanan padat berserat adalah pada saat usia bayi 6 bulan, tapi kenyataannya ada beberapa bayi pada usia 8 bulan keatas sudah di perkenalkan dengan makanan bayi yang berserat padat ini. Hal itu tergantung pada pertumbuhan dan perkembangan tubuh si bayi, apakah dia sudah cocok dengan jenis makanan padat tersebut atau belum. Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung berkonsultasi pada bidan bayi yang ada di sekitar anda. Untuk mengetahui macam-macam makanan sehat bayi usia 8 bulan keatas, silahkan anda simak di bawah ini. 

Makanan sehat bayi usia 8 bulan keatas 

Sebelum memperkenal dan memberikan makanan padat bagi bayi lucu anda, maka anda juga perlu memeriksanya apakah si bayi menunjukan reaksi alergi, muntah, atau bahkan diare. Di bawah ini adalah jenis makanan padat bagi bayi usia 8 bulan keatas di antaranya;
  • Sayuran 

Sebelum anda memberikan sayuran pastikan dulu apakah benar di masak dan di haluskan, sayuran yang di masak setengah matang bagi bayi dapat menyebabkan masalah pencernaan, para ibu dapat memberikan sayuran seperti wortel yg di masak dengan baik karena sayuran tersebut kaya akan vitamin dan mineral. Adapun jenis-jenis sayuran yang sehat antara lain seperti, kentang, brokoli dan wortel yg di potong kecil-kecil agar si bayi dapat mengunyah dengan mudah.
  • Buah

 Pilihan yang tepat bagi bayi jika bayi di berikan makanan seperti buah karena kandungan vitaminnya yang baik untuk pertumbuhan si bayi, buah yg dapat di konsumsi si bayi harus ber tekstur lembut seperti buah pisang, pepaya, alpukat yg di potong kecil-kecil agar memudahkan si bayi  mengunyah buah tersebut.
  • Sereal

Sereal adalah makanan yang kaya akan karbohidrat dan zat besi seperti dari beras, gandum yang dapat di kenalkan kepada bayi sebagai makanan padat pertama.

Itulah jenis makanan yang baik di konsumsi untuk bayi usia 8 bulan keatas, selain makanan yang baik bagi bayi, anda juga perlu memperhatikan makanan yang harus di hidari pada anak usia 8 bulan seperti.
  • Biji-bijian
  • Kacang
  • Pop corn
  • Permen
  • Potongan daging yg mengandung lemak tinggi
  • Kue kering 
  • Dan selai kacang
  • Buah jeruk karena kandungan asam sitrat yg tidak baik bagi bayi

Itulah pembahasan tentang makanan sehat bayi usia 8 bulan keatas, semoga apa yang sudah saya sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk anda para ibu agar tidak sampai salah untuk memberikan makanan pada buah hati anda.  

0 Response to "Makanan Sehat Bayi Usia 8 Bulan Keatas"

Posting Komentar