Resep Makanan Wajib Bayi Usia 6 Bulan

Resep makanan bayi usia 6 bulan - Pada saat bayi usia 6 bulan adalah waktu yang sangat tepat bagi anda memberikan makanan bayi atau bisa disebut MPASI dalam kurung makanan pendamping ASI. Umumnya pada saat usia 6 bulan bayi telah mampu memproduksi sebagian dari enzim pencernaan sehingga bayi bisa mencerna makanan selain ASI.

Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan

MPASI diakui bisa menurunkan terjadinya resiko allergy dari makanan untuk bayi , jika hal ini diberikan pada saat bayi usia 6 bulan alasannya karena sistem pencernaan pada bayi usia 6 bulan telah sempurna yang akan menghasilkan IGA, yaitu terjadinya protein imooglobin yang dapat melindungi sistem pencernaan. Walaupun IGA bisa dihasilkan dari ASI akan tetapi tingkat produksinya sangat lah rendah, sehingga memungkinkan bayi kamu akan terkena allergy makanan,  jika terus menerus diberikan MPASI pada saat usia bayi di bawah 6 bulan seperti halnya kasus bayi usia 4 bulan. Selain itu pada saat bayi usia 6 bulan, dia sudah mampu menggerakkan makanan sehingga bayi dapat mendorong sebuah makanan dari depan mulut hingga ke belakang, dengan adanya kejadian seperti ini, maka akan memudahkan bayi kamu untuk menelan MPASI yang diberikan.

Nutrisi wajib yang dibutuhkan pada makanan bayi usia 6 bulan


Pada saat bayi usia 6 bulan merupakan permulaan untuk bayi kamu mengenal asupan nutrisi selain ASI, sehingga peranan MPASI harus benar wajib disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi kamu. adapun kebutuhan nutrisi makanan bayi usia 6 bulan adalah sebagai berikut :

1. Protein

Protein dapat membantu untuk memelihara dan juga memperbaiki jaringan pada tubuh bayi kamu, sehingga dapat mengontrol organ tubuh oleh enzim. Protein bisa ditemukan dari ikan laut tetapi kamu juga harus pintar dalam memilih ikan yang mengandung kadar marcurry yang rendah contohnya ikan salmon atau juga ikan air tawar seperti, ikan lele. Sedangkan untuk daging kamu bisa memilih daging ayam giling, daging sapi giling yang bisa dijadikan campuran bubur sebagai resep makanan bayi usia 6 bulan.

2. Lemak

Lemak sangat dibutuhkan sebagai energi untuk bayi kamu. Asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan salah satu kepentingan nutrisi yang harus di cukupi pada saat bayi usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan diakui sangatlah baik untuk perkembangan tubuh bayi kamu pada saat usia 6 bulan.

3. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi pertama yang diperlukan bayi kamu selain energi yang dihasilkan dari ASI. Pada saat bayi usia 6 bulan, karbohidrat yang dibutuhkan adalah sekitar 68, 75 gram-89, 39 gram. Untuk menghasilkan karbohidrat kamu bisa memperolehnya dari beras putih atau beras merah. 4 vitamin dan mineral

Hampir segala jenis vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi usia 6 bulan Diantaranya vitamin A, B, K, E, D dan vitamin C. Vitamin-vitamin tersebut bisa  kamu dapatkan dari beberapa jenis sayuran seperti halnya bayam, labu siam brokoli, sari kurma tomat dan wortel . Sedangkan dari jenis buah-buahan untuk bayi usia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

Resep Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan


Berikut ini merupakan resep makanan wajib untuk bayi usia 6 bulan yang dapat menjadi pilihan kamu:
Resep Bubur Ikan Sarden

Bahan:
  1. 25 gram beras putih/merah
  2. 40 gram ikan sarden, dicincang
  3. 500 ml dari sari tomat (bisa anda dapatkan dari jus tomat segar tanpa bahan campuran)
  4. 20 gram tahu, dihaluskan
  5. 25 gram kacang merah yang direbus kemudian dihaluskan
Cara membuat:
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah beras merah di cuci lalu campurkan dengan sari tomat yang sudah di blender masak hingga beras terlihat kental (kurang lebih 20 menit).
  2. Setelah itu silahkan campuran dengan tahu ikan sarden, kacang merah yang sudah dihaluskan kemudian silahkan aduk hingga rata. Kini bubur siap disajikan.

Nah sampai disini kamu sudah bisa membuat resep makanan wajib bayi usia 6 bulan, mulailah dari sekarang untuk menjadikan bayi kamu menjadi bayi yang sehat dan pintar.

0 Response to "Resep Makanan Wajib Bayi Usia 6 Bulan"

Posting Komentar