Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita

Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita - Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya lahir dan berkembang dengan baik, baik fisik maupun psikis nya, sehingga anak bisa tumbuh dengan maksimal sesuai dengan fungsi genetik yang ada pada anak tersebut. Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 1-2 tahun diantara nya adalah dengan kemampuannya untuk meminum air dari gelas tanpa menumpahkannya. Ini menjadi indikasi bahwa sudah ada koordinasi yang harmonis antara anggota badan dengan kerja otak si anak.
Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita


Sebagai seorang ibu, anda juga mungkin akan merasa bingung tentang menu makanan bagi anak anda yang sudah memasuki usia 2 tahun. Hal ini dikarenakan mungkin sebelumnya adalah bayi anda hanya mengkonsumsi asi sebagai menu utama asupan gizinya. Tentu saja di dalam ASI sudah terkandung menu yang cukup dan seimbang, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan asupan gizi untuk si buah hati.

Akan tetapi, setelah anak berusia 2 tahun, biasanya anak sudah berhenti minum asi, bisa dilanjutkan ke susu formula dan makanan lainnya. Pada usia 2 tahun ini, bayi sudah bisa mencerna makanan padat dengan cukup baik, kenapa? karena giginya sudah tumbuh cukup banyak. Akan tetapi, kadang-kadang hal yang seringkali membuat anda bingung adalah tentang nilai kandungan dan keseimbangan gizi bagi si buah hati. Berikut ini adalah beberapa menu yang mungkin dapat anda sajikan untuk buah hati anda yang sudah berusia 2 tahun.

Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita 

Menu makanan sehat bayi usia balita bisa anda berikan setidaknya pada saat sarapan, makan siang maupun makan malam, diantaranya :

Menu Sarapan

Untuk menu sarapan, anda bisa memberi balita anda makanan padat yang kaya akan karbohidrat seperti nasi (nasi yang lembut) maupun roti. Anda juga dapat memberikan setengah gelas susu dan satu buah telur rebus. Atau mungkin anda juga dapat memberikannya 1 atau 2 lembar roti panggang (toast) dengan satu sendok teh mentega dan satu sendok selai. Untuk minumannya, anda dapat memberikan setengah gelas jus tomat atau sepertiga gelas jus stroberi. Dengan catatan tentu menu makanan ketika sarapan itu dapat dipilih dan disesuaikan dan tidak langsung memberikan semuanya kepada bayi anda.

Menu Makan Siang

Pada saat makan siang anda mungkin dapat memberikan makanan yang terasa segar dan hangat seperti sop ayam atau sop sosis. Sajikan dengan berbagai jenis sayuran seperti kol, kentang, dan sebagainya. Potonglah sayuran dan ayam atau sosis dalam ukuran yang kecil, agar memudahkan bayi anda dalam memakannya. Hidangkan bersama nasi lembut. Sesuaikan porsinya menurut kebutuhan gizi anak. Selain itu ada juga baiknya juga apabila anda berkonsultasi dengan dokter agar anak anda tidak kelebihan atau kekurangan nutrisi. Sebagai catatan jangan pernah sekali-kali memberikan makanan yang berat dan berlebihan kepada anak, agar anak tidak memiliki kecenderungan untuk obesitas. Untuk minumnya, anda bisa memilih teh atau susu, atau bahkan air putih karena air putih juga baik bagi balita.
Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita

Menu Makan Malam

Untuk menu makan malamnya, baiknya anda tidak memberikan makanan terlalu berat bagi anak. Cukup disajikan roti panggang serta susu. Dapat pula ditambah dengan mengkonsumsi buah agar anak tidak kekurangan nutrisi buah. Berhati-hatilah jangan sekali-kali memberikan makanan pada anak ketika sudah larut malam. Berikan makan malam balita anda sebelum jam 7 malam, agar pola makan sehat bayi anda terjaga sejak dini. Makan terlalu larut bagi balita dapat merusak pencernaan anak juga dapat membuatnya tak nyaman ketika tidur, oleh karena itu perhatikanlah pola makan balita anda mulai dari menu hingga waktu makannya. Dengan demikian, anak anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan seimbang tanpa kekurangan atau kelebihan nutrisi.


Semoga contoh Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita di atas bisa menjadi pegangan panduan bagi para ibu dan terutama untuk ibu-ibu pemula, dalam rangka menjaga perkembangan si kecil. akan tetapi untuk bayi yang masih berusia 1 tahun lebih jelasnya bisa melihat artikel sebelumnya yaitu Makanan Sehat Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

0 Response to "Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita"

Posting Komentar