Vitamin Serta Nutrisi Tambahan Untuk Bayi

Vitamin serta nutrisi tambahan untuk bayi – Bayi yang mulai makan berbagai makanan padat dari waktu ke waktu yang terus meningkat seharusnya diimbangi oleh vitamin dan nutrisi tambahan. Pada tahap sebelumnya mungkin bayi cukup dengan mengkonsumsi air susu ibu, hal ini disebabkan segala nuturisi dan vitamin yang dibutuhkan bayi terkandung dalam air susu ibu. Dari sejumlah riset yang dilakukan membuktikan bahwa tidaklah dibutuhkan vitamin dan nutrisi tambahan untuk bayi dalam kondisi  serta mengkonsumsi air susu ibu. Namun bisa diberikan jika berat badan  bayi anda berada di bawah level normal. Akan tetapi, sejumlah dokter ahli anak banyak memberi saran agar memberikan tambahan vitamin serta nutrisi untuk kesehatan dan daya tahan bayi.

Vitamin Serta Nutrisi Tambahan Untuk Bayi

Pada usia 6 bulan pertamanya, air susu  ibu sudah cukup sebagai madu bagi bayi anda. Riset memberikan hasil bahwa floruide, juice, vitamin dan nutrisi, zat besi, air serta konsumsi padat hanya memberi sedikit manfaat kesehatan untuk bayi dalam kondisi si bayi masih menyusu kepada ibunya, bahkan akan sangat beresiko jika seorang ibu dengan asal-asalan memberi makanan kepada bayi. Dengan demikian, tambahan vitamin bagi bayi merupakan suatu hal yang perlu bagi kondisi tertentu namun tidak merupakan suatu keharusan.

Pemberian vitamin dan nutrisi tambahan sangat disarankan untuk bayi yang terlahir prematur. Karena bayi yang telahir prematur berat badannya kurang, sehingga untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya diperlukan vitamin serta nutrisi tambahan yang ditambahkan dengan air susu ibu.

Vitamin Serta Nutrisi Tambahan Untuk Bayi

Dibawah ini beberapa vitamin serta mineral yang akan menopang perkembangan dan pertumbuhan bayi anda di awal-awal kehidupan:

Vitamin A

Air susu Ibu atau lebih dikenal ASI, adalah sumber vitamin A alami yang sangat sempurna. Vitamin A bermanfaat dalam perkembangan mata bayi serta fungsi tubuh bayi yang lainnya. Selain itu, dapat membantu dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi serta menopang kemampuan bayi dalam melihat dalam kondisi malam hari. Cara pemberian vitamin A cukup dengan diteteskan secara langsung maupun diberikan melalui makanan lain contoh telur ayam, sayuran, buah-buahan, jenis susu serta hati.

Vitamin B

Vitamiin B merupakan vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan. Karena Vitamin B mengandung sub Vitamin yang dinamakan vitamin B kompleks. Diawali ketika ibu mulai hamil, ibu haruslah banyak konsumsi vitamin B kompleks. hal ini sangat bermanfaat bagi kesempurnaan perkembangan bayi, serta dapat membantu menjaga kondisi tubuh ibu. Salah satu bagian dalam kelompok Vitamin B adalah Vitamin B2  atau disebut Riboflavin namun hal ini tidak disarankan untuk dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui bayinya.  Vitamin B1,B6, serta B12 merupakan kelompok vitamin B yang penting juga dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil serta dalam banyak kondisi dimana bayi mengalami kondisi kurang berat badan. Vitamin B complex sangat menunjang metabolisme bayi karena kaya akan karbohidrat serta protein, dapat memelihara sistem nerves, pembentukan sel darah yang dapat menyerang bakteri, sistem sel darah merah serta untuk menciptakan kekebalan tubuh.

Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi gusi, pembuluh darah serta sangat berguna untuk menambah daya tahan tubuh bayi anda. Vitamin C bisa anda dapatkan pada buah-buahan seperti buah jeruk, tomat, buah beri, pada cabai merah juga cabai hijau, sayuran brokoli serta buah melon. Vitamin C juga dapat diperoleh dalam bentuk tablet vitamin. Namun harus diingat pemberian vitamin C harus disesuaikan dengan kondisi dan usia bayi anda dan telah mendapatkan rekomendasi dari dokter spesialis anak. 

Vitamin D

The American Academy of Pediatrics menyarankan agar memberikan suplemen vitamin D sebanyak 200 IU setiap harinya terhadap bayi anda ketika konsumsi Air susu ibu ekslusif dalam kondisi kurang dari tujuh belas ons setiap harinya. Vitamin D sudah terkandung di dalam air susu ibu. Air susu ibu secara khas memiliki kandungan 400 IU  Vitamin D, ini merupakan jumlah dalam hal yang sama dengan 33 ons sebuah susu formula bagi bayi. 

Vitamin K

Vitamin K merupakan jenis vitamin yang sangat penting. Vitamin K diberikan dengan tujuan agar dapat menghentikan pendarahan pada bayi dan menjaga keruksakan pada tubuh bayi. Sehingga Vitamin K akan diberikan kepada bayi saat baru terlahir.

Vitamin E

Pemberian supelemen vitamin E bisa ibu berikan dalam bentuk pil atau juga dalam bentuk tetes, hal ini dikenal juga sebagai Tocopherol. Vitamin E dapat menolong dalam pembentukan kekebalan tubuh bayi.

Selain vitamin yang disebutkan di atas, mineral juga merupakan hal penting bagi perkembangan bayi anda. Zink, zat besi serta flouride juga sangar memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi anda serta juga bagi perkembangan sistem tubuh bayi.

Demikian beberapa jenis vitamin serta mineral yang bisa ibu berikan kepada bayi anda. Sekali lagi berhati-hatilah jangan sampai ibu memberikan vitamin dan mineral itu secara berlebihan, karena tindakan tersebut bukan akan membuat bayi anda sehat tapi justru akan membahayakan bayi anda. Untuk para ibu yang membutuhkan informasi menu makanan untuk bayi balita, bisa dilihat artikel sebelumnya Menu Makanan Sehat Bayi Usia Balita.

0 Response to "Vitamin Serta Nutrisi Tambahan Untuk Bayi"

Posting Komentar